Sosialisasi Program ke Perangkat Desa

Sepanjang (4/7)- Sebagai kegiatan awal dan perkenalan kepada perangkat Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, Tim KKN PPM UGM Unit JTG 11 melakukan sosialisasi prakegiatan di balai desa Sepanjang. Sosialisasi program ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman dan penjelasan mengenai gambaran kegiatan yang akan dilakukan oleh tim KKN PPM UGM Unit JGT 11 ini selama 2 bulan ke depan.

Dengan mengangkat tema tentang ‘Mitigasi Bahaya Longsor’, Pranayoga Pramumijoyo sebagai Kormanit menjelaskan gambaran umum program kegiatan Unit JTG 11 ini. Secara lebih detail, penjelasan program masing-masing kluster dilakukan oleh perwakilan dari masing-masing kormater. Kluster Teknik diwakili oleh Nomensen Ricardo sebagai Kormater Teknik, Kluster Kesehatan diwakili oleh Yusvina Qoriaturrahma sebagai Kormater Kesehatan, kemudian Kluster Agro diwakili oleh Enimaesa Brena sebagai Kormater Agro dan Kluster Sosio Humaniora diwakilkan oleh Dustin Cendikyawan.
Penjelasan program KKN kepada perangkat desa Sepanjang



Perangkat desa yang dalam hal ini diwakilkan oleh Bapak Bejo sebagai sekretaris desa mengungkapkan kegembiraannya, karena tiga dusun yang termasuk ke dalam desa Sepanjang dijadikan sebagai lokasi yang dipilih oleh Tim KKN PPM UGM Unit JTG 11 sebagai tempat untuk mengabdi kepada masyarakat.

Tema yang diangkat oleh para mahasiswa ini sangat pas dengan kondisi alam dusun Sendang, dusun Tapan dan dusun Ngledok yang memang rawan akan bahaya longsor. Longsor terakhir, terjadi sekitar tahun 2006 di dusun Tapan, meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun sempat membuat warga panik. (Pak Bejo, Sekretaris Desa Sepanjang)
Foto bersama perangkat Desa Sepanjang

 Selain Bapak Bejo, beberapa kepala dusun juga sempat mengemukakan pendapat dan masukan yang kemudian dijadikan referensi untuk melengkapi program KKN di desa Sepanjang ini. “Nantinya, adik-adik ini akan belajar untuk sosialisasi dengan masyarakat, tahu bagaimana realita di dalam masyarakat dan permasalahannya di dalam masyarakat itu sendiri. Semoga KKN di desa Sepanjang ini akan berjalan lancar tanpa kendala seperti yang adik-adik harapkan.” Tambah Bapak Bejo di akhir sambutannya. (foar)

Leave a Reply

Bagaimana menurut Anda?